Tempurung atau batok kelapa bisa disulap menjadi cantik dan menarik sebagai karya seni. Berbagai macam produk yang unik dapat dibuat sesuai kebutuhan dari Batok kelapa.

Bisanya di pakai untuk papan nama, ada kap lampu, celengan, kotak tisu, dompet, topeng, berbagai aksesoris, tas dan dekorasi interior. Ukurannya juga bervariasi dan baik untuk souvenir. Kerajinan batok kelapa ini dapat dengan mudah ditemukan hampir di semua toko-toko seni dan toko-toko suvenir di daerah tujuan wisata di seluruh Bali. Demikian pula, mereka juga dapat diperoleh di toko-toko kerajinan, toko suvenir dan PKL.

Tampaksiring pusat kerajinan batok kelapa di Bali

Di Pulau Dewata, pusat untuk pembuatan berbagai jenis kerajinan kelapa berada di Tampaksiring, Gianyar. Hampir semua penduduk setempat memiliki kemampuan untuk mengukir atau membuat benda-benda seni lainnya. “Ini telah menjadi tradisi bagi warga setempat untuk membuat kerajinan tempurung atau batok kelapa. Kerajinan batok kelapa telah diwariskan dari generasi ke generasi oleh masyarakat setempat. Produk mereka dijajakan dan dipajang di toko-toko seni di sepanjang Jalan Raya Tampaksiring. Untuk membuat kerajinan batok kelapa atau kerang bisa menghabiskan waktu seminggu tergantung tingkat kesulitan dari motifnya.

Cara membuat kerajinan batok kelapa

Langkah pertama dalam pembuatan kerajinan batok kelapa yang membersihkannya dengan menghapus daging kelapa. Setelah itu, cangkang kelapa dikeringkan di bawah sinar matahari. Selain itu, diampelas sampai permukaan halus dan serat yang terlihat. “Kemudian, itu diukir dalam berbagai motif, seperti tanaman, hewan dan boneka, Pengerajin mendapatkan bahan baku dari luar daerah Tampaksiring karena di daerah dingin sulit untuk mendapatkan kelapa. Bahan-bahan tersebut biasanya didatangkan dari Tabanan dan daerah lainnya di Bali. “Produksi kerajinan tempurung kelapa sangat menjanjikan.

Lokasi yang ada di Tampaksiring

Selain kerajinan batok kelapa, di Tampaksiring banyak terdapat objek wisata sebut saja Istana Tampaksiring, Pura Tirta Empul dan Gunung Kawi, jadi anda bisa sekalian kesana. Untuk mencapai kesana butuh waktu 45 menit dari Denpasar, untuk lebih nyamannya anda berliburan di daerah Tampaksiring, lebih baik anda menyewa mobil di Bali plus supir yang dekat bandara . Semoga informasi ini dapat membantu anda 

BACA  Wisata Desa Paksebali – Obyek Wisata Pedesaan yang Murah dan Menyenangkan
Call Now Button
× Ada yang Bisa di Bantu ?