Bali bukan hanya terkenal dengan tempat wisatanya, namun juga terkenal dengan makanan khas yang berbeda dengan daerah lainnya. Kali ini kita masih berada di kawasan wisata Kabupaten Buleleng. Setelah trekking yang sangat melelahkan dengan mengunjungi air terjun di Buleleng, kini saatnya mengisi perut dengan menyantap hidangan kuliner asli Buleleng. Kuliner asli Buleleng ini semuanya memang berasal dari Kabupaten Buleleng. Kini saatnya Anda mengenal sekaligus bisa mencari dimana sih penjual makanan asli dari Buleleng ini. Kalau sudah tahu jangan lupa menikmatinya ya.

Kuliner Asli Buleleng

BLAYAG
Nama makanan Blayag memang sudah terkenal di Buleleng dan hanya ada di wilayah Buleleng saja. Blayag merupakan makanan tradisonal yang sangat murah. Meskipun murah makanan ini sangat enak dan nikmat karena disajikan dengan daun pisang.1 porsi bisa Anda dapatkan dengan harga 5000- 10.000 Rupiah. Untuk menikmati makanan ini, Anda cukup datang di seputaran kota Singaraja atau dekat-dekat pasar Buleleng. Namun saat ini sudah banyak yang menjual karena pimantnya cukup banyak. Makanan yang dibuat sederhana dengan bahan dan rempah alami tanpa msg. Secara kasat mata Blayag sama dengan tahu petis namun bumbunya yang berbeda. Blayag dibuat dari ketupat yang dipotong-potong kemudian diisi dengan bumbu rambanan. Setelah ditu diatasnya ditaburi saur atau parutan kelapa yang telah dimasak dan diisi kacang yang telah digoreng. Blayag juga dilengkapi dengan berbagai sayur. Agar lebih enak lagi penjual biasanya membuat ketupat dengan daun pisang dan bukan daun kelapa atau plastik. Agar menghasilkan aroma yang sedap, ketupat dimasak dengan kayu bakar.
SATE KAKUL
Penikmat makanan pasti semua sudah mengenal sate. Daging yang dipotong kecil-kecil kemudian ditusuk dan dipanggang atau dibakar. Daging yang digunakan bisa ayam atau kambing bisa juga daging lainnya. Nah kalau di Buleleng ada sate yang terbuat dari daging kakul. Kakul adalah sejenis binatang keong namun ukurannya lebih kecil atau orang sering menyebutnya dengan kerang darah. Bisa ditemukan di sawah atau di sungai. Cara membuat sangat simpel tinggal rebus kakul beserta cangkangnya kemudian keluarkan dagingnya. Ambil lidi atau bahan lainnya kemudian tusuk daging kakul dan panggang. Untuk bumbunya hampir sama dengan bumbu sate ayam atau sate kambing. Selamat mencoba.
SIOBAK
Siobak apa yang terkenal di Buleleng? Pasti semua menjawab Siobak warung Khelok. Siobak adalah makanan khas Buleleng yang khusus dibuat dengan daging babi. Ditambah dengan bumbu taoco dan disi irisan cabe hijau dan ketimun. Di Buleleng banyak terdapat warung penjual makanan siobak terutama di dekat-dekat pelabuhan Buleleng. Namun di tempat lain juga banyak. 1 porsi merogoh kocek 20.000 – 30.000 sudah termasuk nasi dan minuman. Di kota-kota besar seperti Denpasar banyak terdapat warung makan yang menyajikan makanan siobak.
SAMBAL BONGKOT
Makanan di Bali begitu banyak begitu juga dengan sambalnya. Sambal yang paling pedas dan enak seperti sambal matah mungkin sudh Anda nikmati. Namun di Buleleng juga ada sambal yang terbuat dari kecombrang. Sambal ini sering disebut dengan sambal bongkot. Sambal ini mempunyai rasa yang begitu khas. Yang baru pertama kali mencicipi pasti merasa agak aneh, kalau sudah terbiasa pasti ketagihan. Bahan pembuatan sambal ini dominan kecombrang atau bongkot. Dilengkapi bawang merah, cabe rawit, terasi, garam, jeruk limau dan gula pasir. Semua bahan disajikan mentah-mentah tidak ada yang direbus digoreng atau dimasak sebelumnya.

BACA  Sewa Mobil untuk liburan natal dan tahun baru di Bali

JUKUT UNDIS DAN SUDANG LEPET
Kalau ketemu masakan ini selain di Buleleng maaf itu bukan masakan asli sana. Jukut Undis itulah namanya. Warna kacang dn kuahnya setelah dimasak berwarna hitam. Undis yang sering disebut dengan kacang gude atau kacang kayu memang memiliki rasa yang nikmat setelah dimasak. Warung makan di Buleleng banyak yang menyediakan masakan jukut undis sebagai pelengkap makanan. Jukut undis biasanay disajikan dengan makanan sudang lepet yang terbuat dari ikan asin. Untuk membuat masakan jukut undis menjadi enak akan ditambahkan sereh. Semua bumbu dibuat dengan bahan dan rempah yang alami. Sudang Lepet penyajinnya memang selalu jadi satu dengan jukut undis. Sudang lepet terbuat dari ikan asing yang besar. Ikan ini sengaja diasinkan jika tidak laku terjual. Sudang di tumbuk hingga tipis-tipis kemudian dipanggang atau digoreng. Isikan bumbu agar tambah enak.
MASAKAN SAYUR BUANGIT
Nah yang satu ini memang berbeda dari yang lainnya. Mirip sayur asam tetapi berbeda bahan. Sayur Buangit itulah namanya. Sayur ini dibuat dari daun buangit. Sayur Buangit banyak terdapat di Desa Sangsit Kabupaten Buleleng. Sayur sederhana dan tradisonal ini rasanya agak asam karena hanya dibuat dengan campuran garam dan asam. Agar lebih enak ditaburi dengan kacang kedelai yang telah disangrai. Makan nasi dan lauk kemudian disajikan dengan sayur buangit membuat makan jadi lahap. Selamat mencoba.
BUBUH CINA
Lanjut ke Kecamatan Tejakula tepatnya di Desa Bondalem. Salah satu desa paling ujung timur Buleleng ini juga mempunyai kuliner khas Buleleng. Namanya bubur Cina, sangat unik ya. Yang namanya bubur sama saja dengan yang lainnya. Namun yang satu ini berbeda. Bubur dibuat dengan beras kemudian diisi campuran mie. Bubur ini kemudian diisi bumbu ambil dimasak. Bumbunya sederhana untuk menambah cita rasa bubur. Agar lebih nikmati bubur diisi dengan sayur. Sayur bisa diisi dengan kcang panjang dan kecambah yang direbus. Bumbu sayur diisi dengan bumbu kacang tanah. Sangat lengkap bila ditambah dengan krupuk. Wah pasti lezat sekali. Peta Desa Bondalem
MENGGUH KEDONGKOL
Mengguh Kedongkol adalah salah satu makanan khas Tejakula sama dengan bubur Cina. Mengguh Kedongkol juga berupa bubur beras. Kalau Bubur Cina dilengkapi dengan mie, Mengguh Kedongkol dilengkapi dengan ubi jalar yang telah dipotong-potong kecil. Bumbunya sangat sederhana Cuma penyajiannya dilengkapi dengan sayur kacang panjang, kecambah dan kedongkol dlumuri bumbu kacang, daging ayam yang direbus dan bisa juga ditambah dengan bawang goreng dan krupuk.
NASI JAMBAL
Bosan makan nasi? Ini ada satu makanan yang sehat dan mengandung sedikit karbohidrat. Namanya Nasi Jambal. Nasi Jambal terbuat dari campuran beras, jagung dan kacang merah. Bahan tersebut kemudian dimasak hingga terasa lembut. Nasi Jambal disajikan dengan sayur urab yang berisi kacang panjang, kecambah, dan daun singkong. Lengkap dengan ikan yang digoreng, perkedel jagung atau ikan. Nasi Jambal bisa Anda temui di Desa Sambirenteng.
ABON SUDANG
Abon biasanya dibuat dari daging ayam atau sapi. Beda dengan yang satu ini abon yang terbuat dari ikan asin namanya abon sudang. Abon Sudang diolah hampir sama dengan cara pembuatan abon biasanya. Abon Sudang memiliki cita rasa yang enak, gurih, dan renyak. Sangat enak disajikan dengan nasi dan jukut undis. Saat ini Abon Sudang sudah banyak ditemukan di supermarket-supermarket dan dijual bebas.  Ikan asin ini bukan ikan asin yang kecil-kecil namun ikan asin yang ukurannya besar. Kalau ikan asin yang kecil-kecil itu disebut dengan gerang kalau ikan asin yang ukuran bbesar disebut dengan sudang. Hahahahaha unik ya namanya.
SATE LILIT
Ada banyak sate yang mungkin Anda sudah nikmati berbeda dengan sate yang satu ini. Namanya Sate Lilit. Sate Lilit tidak ditusuk melainkan dililit pada katiknya. Katik sate bisa terbuat dari bambu yang dipotong-poting memanjang kemudian dihaluskan atau bisa juga dibuat dari papah nyuh atau tangkai daun kelapa kemudian dipotong-potong menyerupai balok panjang tapi kecil. Kalau saya yang tinggal di Desa Kekeran, untuk membuat sate sangat mudah dan gampang sekali. Daging ayam atau babi dipotong kecil-kecil kemudian ditumbuk hingga halus. Setelah itu tambahkan bumbu seperti lombok merah, limau, bawang putih, terasi dan gula merah. Tumbuk lagi sampai halus. Setelah adonan jadi kemudian ambil sedikit demi sedikit dan dililitkan pada katik sate yang telah disiapkan. Siapkan bara dari arang sampai bara merata. Baru sate dipanggang sambil dibolak-balik. Penyajian sate ini tidak perlu diisi bumbu lagi karena sate sudah terasa enak dan pedas. Sate lilit biasanya dibuat oleh warga pada saat perayaan hari raya galungan dan kuningan. Sate dibuat bersamaan dibuat dengan masakan lainnya seperti tum, urutan, lawar, komoh, oret dan masakan lainnya. Peta Desa Kekeran
TIPAT KUAH
Kalau makanan yang satu ini banyak yang jual bukan di Buleleng saja tetapi diluar Buleleng juga banyak yang jual. Sesuai namanya tipat kuah, ketupat yang dilumuri kuah santan. Ketupat dibuat dari beras yang dibuat dari daun kelapa yang masih muda atau janur atau bisa juga menggunakan daun pisang agar lebih enak. Kuah santan disiapkan dengan bumbu lengkap atau sering disebut Basa Genep yang terdiri dari kumpulan bahan dan rempah yang dijadikan satu. Agar lebih enak isikan daging ayam.
Jika Anda ingin menikmati kuliner asli Buleleng kami Jatayu Rental Bali di Bali menyediakan sarana transportasi yang beralamat di Jimbaran. Kami akan jemput Anda di Bandara dan mengantar Anda ke tempat-tempat penyedia kuliner asli Buleleng. Jangan Lupa kontak

BACA  Diving Yuk ke Pantai Umeanyar dengan Rental Mobil di Bali
Call Now Button
× Ada yang Bisa di Bantu ?